Sabtu, 20 Oktober 2012

Investasi, Waktu dan Pasar Modal


Penyesuaian karena Risiko
Untuk memperhitungkan ketidakpastian ketika menghitung NPV proyek yang  biasanya dilakukan perusahaan adalah menaikkan tingkat diskonto dengan menambah premi risiko ( risk premium) ke tingkat yang bebas risiko tersebut. Gagasannya ialah bahwa pemilik perusahaan tersebut suka menghindari risiko yang mengakibatkan arus kas masa depan yang berisiko kurang bernilai daripada arus kas yang sudah pasti. Peningkatan tingkat diskonto tersebut memperhitungkan hal ini dengan mengurangi nilai sekarang arus kas masa depan terebut.

Risiko yang Dapat Didiversifikasi versus Tidak Dapat Diversifkasi
            Risiko yang dapat didiveersifikasi adalah risiko yang dapat dihilangkan dengan berinvestai ke dalam banyak proyek atau dengan memegang saham banyak perusahaan. Sedangkan risiko yang tidak dapat didiversifikasi adalah risiko yang tidak dapat dihilangkan dengan berinvestasi ke dalam banyak proyek atau memegang saham banyak perusahaan.

Model Penetapan Aset Modal
            Modal penetapan aset modal (capital asset pricing model-CAPM) adalah model dimana premi risiko atas investasi modal tertentu bergantung pada korelasi pengembalian investasi tersebut dengan pengembalian atas seluruh pasar saham tersebut. 

Keputusan Investasi Oleh Konsumen 
          Perusahaan-perusahaan akan menilai arus kas pada masa mendatang dan dengan memutuskan apakah akan berinvestasi dalam modal yang berusia panjang. Konsumen menghadapi keputusan yang serupa ketika membeli barang tahan lama (durable goods), seperti mobil atau peralatan besar. Berbeda dari keputusan untuk membeli makanan, hiburan, atau pakaian, keputusan untuk membeli barang tahan lama melibatkan perbandingan antara arus manfaat pada masa mendatang dengan biaya pembelian sekarang.
              
Investasi dalam Modal Sumber Daya Manusia
      Modal sumber daya manusia (human capital) adalah pengetahuan,ketrampilan dan pengalaman yang membuat seseorang menjadi lebih produktif dan oleh karenanya dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi selama hidupnya. Untuk memutuskan investasi modal sumber daya manusia kita dapat menggunakan nilai bersih sekarang (NPV) yang diterapkan untuk mengambil keputusan investasi barang-barang fisik. Jika kita melanjutkan sekolah ke sekolah tinggi atau ke universitas, mengambil kuliah pasca sarjana, atau masuk dalam program spesialisasi tertentu, kita sedang melakukan Investasi Sumber Daya Manusia. Besar kemungkinan bahwa apa yang kita investasikan sekarang yaitu dan upaya bagi modal sumber daya kita menghasilkan keuntungan dalam bentuk lebih tingginya penghasilan bagi pekerjaan kita di masa yang akan datang.
Keputusan Produksi Antar Waktu-Sumber Daya yang Dapat Habis
   Keputusan produksi sering mempunyai aspek “antar waktu” (intertemporal) produksi sekarang mempengaruhi penjualan atau biaya pada masa mendatang. Kurva belajar, yang kita telah bahas dalam bab 7 adalah contoh tentang hal ini. Dengan berproduksi hari ini, perusahaan tersebut memperoleh pengalaman yang menurunkan biaya pada masa mendatang. Dalam hal ini, produksi sekarang sebagian adalah investasi untuk pengurangan pada masa mendatang, dan nilai dari semua ini harus diperhitungkan pada saat membandingkan biaya dan keuntungan.

    Keputusan Produksi Produsen Sumber Daya Individual
Andaikanlah paman Anda yang kaya membeli sumur minyak. Sumur itu berisi 1.000 barel minyak yag dapat diproduksi dengan biaya rata-rata dan biaya marjnal yang tetap sebesar  $10 per barel. Apakah anda harus memproduksi semua minyak tersebut sekarang, atau apakah anda harus menghematnya untuk masa mendatang?[1]  anda mungkin berpendapat bahwa jawabannya tergantung pada laba yang anda peroleh jika anda mengambil minyak itu dari dalam tanah. Bagaimanapun, mengapa tidak mengmbl minyak tersebut jika harganya lebih tinggi daripada biaya penyedotannya? Namun, hal ini mengabaikan biaya kesempatan menghabiskan seluruh minyak tersebut sekarang sehingga tidak tersedia lagi pada masa mendatang.
Dengan demikian, jawaban yang tepat tidak tergantung pada labasekrang tetapi pada seberapa cepatnya anda memperkirakan harga minyak akan naik. Minyak dalam tanah adalah bagaikan uang di bank; anda seharusnya hanya membiarkannya di dalam tanah jiak pengmbalian yang diperoleh dari sana sekurang-kurangnya sama tingginya dengan tingkat suku bunga pasar. Jadi jika anda memperkiraka harga minyak konstan  atau naik sangat lambat, akan anda akan lebih beruntung menyedot dan menjual semuanya sekarang dan mengivestasikan hasilnya. Tetapi, jika anda memperkirakan akan naik cepat, anda seharusnya membiarkan  minyak itu tetap dalam tanah.




Dalam gambar (a) harganya dipelihatkan naik seiring dengan waktu. Unit-unit sumber dalam tanah harus menghasilkan pengembalian yang setara dengan pengmebalian asset-aset lainnya. Kaerna itu, pada pasar yang bersaing, harga dikurangi biaya produksi marjinal akan naik pada tingkat suku bunga. Bagian (b) menunjukan gerakan naik kuva permintaan tersebut ketika harga naik.

Biaya Pengguna
Pasar yang bersaing untuk untuk sumber daya yang dapat habis, harga melampaui biaya marjinal ( dan perbedaaan antara harga dan biaya marjinal meningkat lama-kelamaan). Ketika kita sudah mengetahui bahwa total  biaya marjinal untuk memproduksi suatu sumber daya yang dapat habis ternyata lebih besar daripada biaya marjinal untuk mengambilnya dari dalam tanah. Ada biaya kesempatan tambahan karena tindakan memproduksi dan menjual satu unit sekarang menyebabkan tidak tersedia lagi untuk diproduksi dan dijual pada masa mendatang. Biaya kesempatan ini disebut dengan Biaya Produksi Pengguna (user cost of Production). Biaya pengguna adalah selisih antara harga dan biaya produksi marjinal. Biaya ini akan naika lama-kelamaan karena, setelah sumber daya dalam tanah akhirnya makin langka, biaya kesempatan untuk menghabiskan unit lainnya menjadi lebih tinggi.
                                                                                                                                 
Bagaimana Tingkat Suku Bunga di Tentukan
            Tingka suku bunga adalah harga yang di bayar peminjam kepada pemberi pinjaman untuk pemakaian dana mereka. Sama seperti setiap harga pasar, tingka suku bunga di tentukan oleh penawaran dan permintaandalam hal ini, penawaaran dan permintaan untuk dana yang dapat di pinjamkan.
            Penawaran dana yang dapat dipinjamkan, berasal dari rumah tangga yang ingin menabung sebaggian dari pendapatannya untuk di konsumsi lebih banyak pada masa mendatang ( atau memberikan warisan kepada ahli waris mereka ).
            Permintaan dana yang dipinjamkan mempunyai dua komponen. Pertama, beberapa rumah tangga ingin mengkonsumsi lebih banyak dari pada pendapatan mereka sekarang, baik karena pendapatan mereka sekarang adalah rendah, tetapi di perkirakan akan tumbuh, maupun karena mereka ingin melakukan pembelian sesuatu yang besar ( misalnya rumah )yang harus dilunasi dari pendapatan masa mendatang.

Berbagai Jenis Suku Bunga
*      Suku Bunga Obligasi Pemerintah Jangka Pendek ( Treasury Bill Rate). Obligasi pemerintah jangka pendek adalah obligasi berjangka satu tahun atau kurang yang diterbitkan pemerintah. Obligasi ini adalah ‘ obligasi Diskonto ‘ ( Discoun bond ) murni maksudnya, obligasi ini tidak melakukan pembayaran kupon tetapi dijual dengan harga yang lebih rendah dari pada nilai tebusannya pada saat jatuh tempo.
*      Suku Bunga Obligasi Pemeritah Jangka Panjang ( Treasury Bond Rate ) adalah obligasi dengan jangka waktyu yang lebih lama yang di terbitkan pemerintah selama lebih dari satu tahun dan biasanya selama 10 hingga 30 tahun. Suku bunganya berfariasi, bergantung pada jatuh tempo obligasi tersebut.
*      Tingkat Diskonto ( Discount Rate ) bank-bank komersial kadang-kadang meminjam uang untuk jangka pendek dari federal reserve. Pinjaman ini disebut diskonto, dan suku bunga yang dikenakan federal reserve keapada mereka adalah suku bunga diskonto.
*      Tingkat Dana Federal ( Federal Funds Rate ) adalah tingkat bunga yang akan diberlakukan oleh perbankkan satu sama lain untuk pinjaman singkat ( Overnight loan ) pada dana-dana federal.
*      Suku Bunga Surat Beharga komersial ( Commercial Paper Rate ). Suku bunga surat beharga komersial mengacu pada obligasi diskonto jangka pendek ( 6 bulan atau kurang ) yang diterbitkan oleh peminjan korporat ( swasta ) yang bermutu tunggi.  Karena surat beharga hanyalah sedikit lebih berisiko dari pada obligasi pemerintah, suku bunga surat beharga ini biasanya kurang dari  1 % lebih tinggi dari pada suku bunga obligasi pemerintah.
*      Suku Bunga Utama ( Prime Rate ) adalah suku bunga ( kadang-kadang disebut juga suku bunga rujukan reverence rate ) yang ditetapkan bank-bank besar sebagai titik acuan untuk pinjaman jangka pendek bagi peminjam corporat terbesarnya.
*      Suku Bunga Obligasi swasta ( Corporate Bond Rate ) Koran-koran dan terbitan-terbitan pemerintah melaporkan hasil tahunan rata-rata obligasi swasta jangka panjang ( biasanya 20 tahun ) dalam kategori resiko yang berbeda beda ( misalnya peringkat tinggi , peringkat medium, dll) . hasil rata-rata ini menunjukan berapa besar yang dibayarkan perusahaan untuk hutang jangka panjang. Namun hasil obligasi corporat dapat sangat bebeda-beda, bergantung pada kekuatan keuangan perusahaan tersebut dan waktu jatuh tempo obligasi tersebut.



[1] Untuk kebanyakan sumur minyak yang riil, biaya marjinal dan biaya rata-rata tidak tetap, dan akan sangat mahal untuk menyedot minyak tersebut dalam waktu singkat.

2 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

https://www.jendelaku.com/2020/04/pengorganisasian.html mengatakan...

https://www.jendelaku.com/2020/04/pengorganisasian.html